Tuesday, May 11, 2021

Pengertian Tumbuhan Hijau Dan Makanannya

Pengertian Tumbuhan Hijau Dan Makanannya. Seperti halnya manusia dan juga hewan, tumbuhan juga memerlukan makanan supaya dapat tumbuh. Untuk mencari makanannya, tumbuhan hijau memperolehnya dengan cara membuat dan menyusun makananya sendiri. Berikut ini beberapa pengertian tentang tumbuhan hijau dan juga makannya.

A. Tumbuhan Hijau Dan Makananya
  1. Tumbuhan terdiri atas 2 macam, yaitu sebagai berikut. 1. Tumbuhan berhijau daun, Contohnya  : Padi, Mangga, Jambu, dan semua tumbuhan yang memiliki daun berwarna hijau. 2. Tumbuhan tidak berhijau daun, Contohnya  : Jamur, dan kapag.
  2. Tumbuhan hijau memerlukan cahaya.
  3. Pada daun yang berwarna hijau, terdapat hijau daun yang namanya klorofil. Zat ini sangat berguna untuk mengubah zat yang diserap dari dalam tanah menjadi zat-zat makanan. Zat hijau daun itu terletak dalam butir-butir hijau daun yang bulat-bulat bentuknya yang disebut kloropas.
  4. Kloroplas tersebar dalam satu sel. Sel daun merupakan daging daun yang terletak antara kulit daun.
  5. Zat klorofil hanya dapat mengolah makanan apabila ada cahaya matahari. Apabila klorofil terkena cahaya matahari, maka terjadilah perubahan zat yang diperoleh dari dalam tanah menjadi makanan, kemudian dialirkan keseluruh batangnya.
  6. Di dalam tumbuhan, seakan-akan ada pabrik yang membuat makanan bagi dirinya sendiri. Bahan makanan tersebut adalah karbon diolsida, oksigen, dan sejumlah bahan makanan itu masuk kedalam tumbuhan.
  7. Air diserap oleh bulu-bulu atau rambut akar. Rambut-rambut akar adalah bagian akar terhalus yang merupakan penonjolan kulit luar akar. Dari bulu-bulu kar, air diserap ke bagian pusat akar bulu yang kemudian diteruskan ke batang, kemudian diteruskan lagi ke cabang-cabang, ranting, daun, bunga dan juga buah.
  8. Karbon dioksida berupa gas, karbon dioksida sebagian besar diserap melalui liang-liang kecil pada permukaan daun. Liang-liang itu sangat kecil sekali, oleh karena itu tidak dapat dilihat, liang itu disebut mulut daun atau stomata. Stomata ini akan membuka pada saat siang hari dan akan menutuk pada malam hari.
  9. Berbagai mineral dibutuhkan oleh tumbuhan, yaitu sebagian besar nitrogen, belerang, fosfor, potasium, kalium, magnesium, sedikit unsur besi, tembaga, mangan, seng, kobalt, klor, boron, dan malibdenum. Empat belas unsur tersebut bersama karbon, hidrogen dan oksigen yang didapat dari udara merupakan bahan makanan utama bagi tumbuh-tumbuhan. Bila kekurangan dari salah satu dari unsur-unsur tersebut, tumbuhan tidak akan tumbuh normal.
  10. Kemampuan tumbuhan untuk membuat sari-sari makanan disebut similasi. Hasil asimilasi dikirim keseluruh bagian tumbuhan dan berguna untuk pertumbuhan, bernafas dan cadangan makanan.
  11. Air dalam tanah dan karbondioksida dari udara diolah menjadi proses fotosintetis. Hasil pengolahan itu berupa karbon diolsida dan oksigen. Pembuatan karbohidrat (zat tepung) oleh tumbuhan dapat terjadi bila cukup cahaya matahari. Reaksi fotosintetisdapat dituliskan sebagai berikut.
  12. Hasil fotosintetis diedarkan ke bagian seluruh tumbuhan melalui pembuluh tapis atau pembuluh ayak yang terdapat pada kulit batang.
  13. Sari-sari makanan hasil fotosintetis digunakan untuk tumbuh, pernapasan, dan disimpan menjadi cadangan makanan. Tempat menyimpan makanan berbeda-beda menurut jenis tumbuhannya.
B. Tempat Menyimpan Cadangan Makanan Pada Tumbuhan.

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog